Foto saya
Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
Blog ini di dedikasikan untuk kecintaan saya pada menulis hal-hal yang berbau keindahan kata guna mengasah otak kiri saya. Untuk urusan otak kanan, saya menuliskannya di www.ermasuryaniranik.com

Minggu, 15 Juni 2008

PENGALAMAN DALAM NEGERI ERMA RANIK







A. PELATIHAN
1. Maret 1999 : “ Pelatihan Keberagaman (multikulturisme) bagi wartawan se Indonesia,” diselenggarakan oleh Lembaga Study Pers dan Pembangunan di Palangkaraya Kalimantan Tengah.
2. Juni 1999 : ”Pelatihan intensif bagi wartawan muda Indonesia dalam rangka ISAI AWARD 1999”, diselenggarakan oleh Institut Study Arus Informasi di Jakarta
3. Oktober 1999: “Pelatihan membangun perdamaian (peace bulding” untuk lembaga swadaya masyarakat,” diselenggarakan oleh The British Council di Yogyakarta.
4. Maret 2000: “Pelatihan Jurnalisme Damai untuk wartawan se Indonesia,” diselenggarakan oleh The British Council di Yogyakarta.
5. Oktober 2001 : ”Pelatihan Hak Asasi Manusia Untuk wartawan Indonesia,” Diselenggarakan oleh The British Council dan Lembaga Study Pers dan Pembangunan, di Jakarta.


B. FASILITATOR
1. April 2002 : “Pelatihan Nasional untuk pemuda adat; Proses standar hak asasi internasional bagi masyarakat adat,” diselenggarakan oleh Institut Dayakologi, AMAN, The Saami Council dan Uni Eropa di Pontianak.
2. November 2002 : ”Pelatihan jurnalistik bagi masyarakat sekitar Taman Nasional Danau Sentarum,” diselenggarakan oleh Yayasan Riak Bumi di Desa Nanga Leboyan Kab. Kapuas Hulu.
3. April 2003 : ” Lokakarya penguatan perempuan adat di Kabupaten Bengkayang,” diselenggarakan oleh Aliansi Masyarakat Adat Kalimantan Barat di Pastoran Bengkayang, Kab. Bengkayang.
4. Mei 2005 : ”Musyawarah Besar Masyarakat Adat Pegunungan Niut,” diselenggarakan oleh Perkumpulan PENA di Desa Parek Kec. Airbesar Kab. Landak.
5. Maret 2006 : ” Pelatihan jurnalisme radio dan pembentukan radio komunitas masyarakat adat pegunungan Niut,” diselenggarakan oleh Perkumpulan PENA di Desa Bentiang Kec. Airbesar Kab. Landak.


C. PEMBICARA

1. Oktober 2000: “Pelatihan jurnalisme untuk pers mahasiswa,” diselenggarakan oleh Institut Dayakologi di Pontianak.
2. Juni 2002 : ” Pelatihan pembuatan peraturan lokal berdimensi hak asasi manusia untuk anggota DPRD dan dosen,” diselenggarakan oleh Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia, di Pontianak.
3. February 2004 : ” Lokakarya Pemilu Damai di Kalimantan Barat,” diselenggarakan oleh Commond Ground Indonesia di Pontianak.
4. Juni 2004 : ” Seri Konsultasi Draft Deklarasi Masyarakat Adat di Perserikatan Bangsa-Bangsa,” diselenggarakan oleh Perkumpulan PENA dan AMAN.
5. Maret 2004 : “ Lokakarya Revitalisasi Adat dalam Era Transisi Demokrasi di Indonesia,” diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian Asia Universitas Nasional Singapura (Asia Research Institute (ARI), National University of Singapore), di Batam, Kepulauan Riau.
6. Maret 2006 : ” Sarasehan Kondisi Kesenian tradisional di Indonesia,” diselenggarakan oleh BAKTI dan Bank Dunia, di Makasar Sulawesi Selatan.
7. Agustus – Oktober 2007 : ” Pelatihan penggalian potensi desa secara partisipatif,” diselenggarakan oleh EC-Indonesia FLEGT support project di Kab. Sintang, Kab. Melawi dan Kab. Kapuas Hulu.

1 komentar:

endi's blog mengatakan...

mantaf, maju terus srikandi dayak. usul, bikin dong shout box, biar mudah meninggalkan pesan di blog anda. thanks.
http://pujangga78.blogspot.com

Komentar Konstituen